Cara Mengetahui Jam Tangan Automatic dengan Jam Tangan Baterai

Posted by jamtanganmedan 26/05/2018 0 Comment(s)
  • Waktu Kita Memutar Tombol Putaran Atau Tuas Jam Tangan Automatic  Kita Akan Mendengar  Suara Ssttttzzzttt Dan Dia Agak Berat Saat Kita Putra , Kalau Kita Memutar Jam tangan Baterai Atau Bukan Automatic Kita Tidak Akan Mendengar Suara ssttttzzzttt Dan Tidak Berat Saat Kita Putar
  • Kebanyakan  Jam Tangan Automatic jarum Detiknya Berjalan Halus Atau Sweep Second Hand , Berbeda Dengan Jam tangan Batrai Atau Tidak Automatic Jam Batrai berjalan Seperti Ada Detakan Atau Seperti tersendat ( Sama Halnya Seperti Kita Melihat Detik jam Dinding )

Secara estetika, jam mekanik(Automatic)  lebih indah dilihat dibanding jam quartz(Baterai). Alasan pertama tentu saja karena putaran jarumnya yang tidak bergerak per detik. Alasan kedua, biasanya jam tangan bermesin mekanik(Automatic), menggunakan transparent Dial/Bagian Dalam Jam tangan , sehingga keindahan pergerakan roda-roda yang berkaitan serta keindahan finishing mesinnya akan terlihat dan bisa dinikmati. Dalam finishing, jam tangan mekanik(Automatic) biasanya sangat detail finishing mesinya, bahkan pada merk-merk tertentu mesin jam tangan mekanik di grafir secara handmade, ini tentu saja membuat harga jam tangan tersebut menjadi mahal. Pada jam tangan mekanik, kita juga bisa melihat filosofi sebuah brand. Beberapa brand mendesain mesinnya seperti sebuah benda yang mempunyai filosofi.

Selain Banyak Ke unggulan Dijam Automatic/mekanik Dari Sebagian Model,Brand dan Bentuk Jam Yang Sangat Membuat Perhatian Watchelovers Jam Mekanik/automatic Tetap memiliki kelemahan

Kekurangan jam mekanik, ialah rentan terhadap guncangan atau benturan keras. Karena semua komponen terhubung secara mekanik, guncangan akan mempengaruhi pergerakan komponen tersebut, sehingga akurasi biasanya akan menjadi terpengaruh, sisi tidak praktis jam mekanik ialah kita harus mengisi power jam tersebut jika jam tersebut terlalu lama disimpan, kebalikan dari jam tangan quartz mungkin secara estetika tidak terlalu bisa dinikmati, tetapi lebih praktis dari jam mekanik, karena kita cukup mengganti baterai setiap 5 tahun atau bahkan 10 tahun tergantung kapasitas baterai. Pada solar quartz bahkan kita tidak usah mengganti baterai. Baterai diganti jika kemampuan penyimpanannya berkurang dan pada baterai solar quartz, hal itu hanya akan terjadi setiap 15-20 tahun sekali. Kinetic quartz juga sama, kita cukup mengganti kapasitor jika kapasitor tersebut sudah aus. Biasanya kapasitor mempunyai umur yang lebih lama dari baterai, karena semakin sering dipakai, kapasitor pada kinetic quartz akan semakin awet.

Dan Kita Juga akan menjelaskan Cara Untuk Supaya Jam Automatic(mekanik) Atau jam Batrai kalian tetap Bagus Atau Sangat Tahan Untuk Kalian Pakai

Dalam hal perawatan, jam mekanik, umumnya harus di servis 3-5 tahun sekali. Hal ini dilakukan agar komponen mesin jam tidak cepat aus dan lubrikasi oli akan merata. Oli dalam mesin mekanik bisa kering tergantung penyimpanan jam, jika oli kering, roda-roda akan menjadi aus, karena kekurangan pelumas.

Jam tangan quartz tidak perlu diservis, tetap cukup ganti baterai saja setiap 5-10 tahun sekali. Setiap pergantian batere juga harus dicek kondisi micro chip dan komponen lainnya agar lebih awet. Baik jam tangan mekanik maupun quartz, harus disimpan dengan kelembaban yang cukup, tidak boleh terlalu kering dan tidak boleh terlalu basah. Kelembaban yang baik untuk jam tangan ialah pada angka 50%. Dalam hal ini para pecinta jam mungkin butuh sebuah dry cabinet untuk menjaga kelembaban jam tetap normal dan menjauhkan jam dari jamur. Mesin jam yang disimpan ditempat yang kelembabdannya jelek, akan cepat rusak. Komponen akan berkarat, berjamur, yang parah pada kaca jam akan berembun. Jika jam berembun, segera hilangkan embun dengan merendam jam didalam beras, atau buka chasing jam kemudian letakan didalam dry cabinet dengan kelembaban 50%.

Baik mekanik maupun quartz mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika anda menyukai keindahan, sejarah dan nilai nilai tradisional, tanpa mengabaikan akurasi waktu, mungkin jam tangan mekanik cocok dengan pilihan anda. Jika anda orang yang praktis, tidak terlalu peduli dengan estetika, hanya peduli dengan jam tangan sebagai penunjuk waktu yang akurat, pilihlah jam tangan quartz. Apapun pilihan anda, semuanya disesuaikan dengan pandangan anda dalam melihat sebuah jam tangan.